Kamis, 02 Juni 2011

3 IDIOTS

Baru saja menonton ulang (yang entah keberapa kali) film India berjudul 3 Idiots, film kocak yang sarat makna. Ceritanya sungguh menyentuh, tentang 3 orang sahabat yang mendapat predikat 'idiot' hanya berdasarkan penilaian akademis sebuah kampus. Padahal dalam kenyataannya mereka adalah orang-orang yang sangat jenius dalam menyikapi kehidupan yang sebenarnya.
Apa yang disampaikan sungguh mengena, aku yang telah mengenal dunia kampus benar-benar tersengat dan dipaksa untuk mengakui pemikiran si "rancho"..tokoh utama dalan film ini, bahwa sekolah itu seharusnya untuk belajar dan benar-benar mencari ilmu..bukan sekedar mengejar ijazah. Tujuan mencari ijazah kadang membuat orang salah kaprah dan menghalalkan segala cara hanya untuk mendapatkan selembar kertas bergengsi itu. Padahal dalam kenyataannya ribuan atau bahkan mungkin jutaan manusia di dunia ini yang memiliki berlembar-lembar ijazah dan pada akhirnya memperoleh gelar bonus sebagai seorang 'pengangguran'.....sedangkan banyak pula manusia tanpa ijazah tapi memiliki banyak keahlian yang akhirnya dapat menikmati hidup dengan hasil jerih payahnya.

Dan cerita persahabatannya benar-benar mewakili mimpi banyak orang (terutama aku sendiri) akan keberadaan sesuatu yang bernama ketulusan yang kian langka dan semakin menghilang di muka bumi ini. Sulit sekali mencari orang-orang yang benar-benar tulus. Yang banyak berkeliaran hanyalah orang-orang yang jago berakting tulus.

Dan yang juga patut aku contoh dari film ini, dan Insya Allah ingin kuterapkan pada anak-anakku...bahwa sebagai orang tua kita tidak seharusnya memaksakan kehendak, bukan hak orang tua untuk menentukan masa depan anaknya...untuk menentukan bakal jadi apa anaknya kelak. Dan gengsi bukanlah segalanya. Cinta dan kebersamaan keluargalah yang akan membawa kebahagiaan. Dan doa serta kerja keras yang akan menganugerahkan masa depan yang indah.

Haru, kagum, dan empat  jempol aku berikan pada pembuat cerita 3 idiots ini . Termasuk pemilihan pemain yang ganteng-ganteng...hehe

Mataku terbuka, semoga aku dapat mengarahkan anakku untuk menjadi orang yang cinta keluarga, penuh keahlian, pantang menyerah dan yang terpenting selalu jujur dan tulus..Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar